STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN EMOSI MARAH PADA SOPIR BUS AKDP TRAYEK TEGAL DI UPT TERMINAL PURWOKERTO

KURNIAWAN, EDY (2011) STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN EMOSI MARAH PADA SOPIR BUS AKDP TRAYEK TEGAL DI UPT TERMINAL PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_EDY KURNIAWAN_PSIKOLOGI'11.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_EDY KURNIAWAN_PSIKOLOGI'11.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_EDY KURNIAWAN_PSIKOLOGI'11.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
BAB III_EDY KURNIAWAN_PSIKOLOGI'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
BAB IV_EDY KURNIAWAN_PSIKOLOGI'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V_EDY KURNIAWAN_PSIKOLOGI'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_EDY KURNIAWAN_PSIKOLOGI'11.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_EDY KURNIAWAN_PSIKOLOGI'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tingkat pengelolaan emosi marah pada sopir bus AKDP trayek Tegal di Wilayah Purwokerto. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah emosi marah pada sopir bus AKDP sebagai variabel tunggal. Subjek penelitian berjumlah 66 orang dengan karakteristik sopir bus AKDP trayek Tegal di UPT Terminal Purwokerto, dimana pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi kepustakaan dan metode skala pengelolaan emosi marah. Hasil dari uji validitas skala pengelolaan emosi marah butir yang valid bergerak dari angka 0,246 sampai 0,704 dengan reliabilitas 0,912. Berdasarkan uji deskriptif didapatkan prosentase karakteristik tingkat pengelolaan emosi marah rendah pada sopir bus AKDP trayek Tegal di UPT terminal Purwokerto dengan karakteristik rendah sebesar 16,7% yaitu sebanyak 11 subjek, sedang sebesar 69,7% yaitu sebanyak 46 subjek, kategori tinggi sebesar 13,6% yaitu sebanyak 9 subjek. Aspek mengenali emosi marah dengan kategori rendah sebesar 16,7% yaitu sebanyak 11 subjek, kategori sedang sebesar 74,2% yaitu sebanyak 49 subjek, dan kategori tinggi sebesar 9,1% yaitu sebanyak 6 subjek. Aspek mengendalikan amarah dengan kategori rendah sebesar 12,1% yaitu sebanyak 8 subjek, sedang sebesar 71,2% yaitu sebanyak 47 subjek, dan kategori tinggi sebesar 16,7% yaitu sebanyak 11 subjek. Aspek meredakan amarah dengan kategori rendah sebesar 19,7% yaitu sebanyak 13 subjek, sedang sebesar 62,1% yaitu sebanyak 41 subjek, dan kategori tinggi sebesar 18,2 yaitu sebanyak 12 subjek. Aspek mengungkapkan marah secara asertif dengan kategori rendah sebesar 16,7% yaitu sebanyak 11 subjek, kategori sedang sebesar 71,2 yaitu sebanyak 47 subjek, dan kategori tinggi sebesar 12,1% yaitu sebanyak 8 subjek.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Retno Dwiyanti, S.Psi, M.Si. dan Rr. Setyawati, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Emosi Marah, Pada Sopir Bus AKDP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 07 Jul 2017 01:56
Last Modified: 07 Jul 2017 01:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item View Item