PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII MTs NEGERI BANTARKAWUNG MENGGUNAKAN METODE KOGA (KONTEKSTUAL DAN GAMBAR)

AENI, QUROTUL (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII MTs NEGERI BANTARKAWUNG MENGGUNAKAN METODE KOGA (KONTEKSTUAL DAN GAMBAR). Bachelor thesis, UINIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
QUROTUL AENI COVER.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
QUROTUL AENI BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
QUROTUL AENI BAB II.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
QUROTUL AENI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
QUROTUL AENI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img]
Preview
Text
QUROTUL AENI BAB V.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
QUROTUL AENI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
QUROTUL AENI LAMPIRAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri Bantarkawung pada kompentensi dasar mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk menggunakan pendekatan Kontekstual dan penggunaan media gambar (KOGA). Subyek penelitian ialah siswa kelas VII E MTs Negeri Bantarkawung berjumlah 41 siswa, 22 siswa putra dan 19 siswa putri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus , setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan alokasi waktunya 2 x 40 menit. Setiap siklus penelitian meliputi perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), pengamatan (Observing) dan refleksi (Reflecting). Untuk memperoleh data prestasi belajar siswa digunakan tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil peneltian diperoleh nilai rata-rata post-tes 71.95 pada siklus I, meningkat pada siklus II menjadi 76.09. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 73.17% dan pada siklus II meningkat menjadi 80.48%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulankan bahwa penggunaan metode pembelajaran KOGA (Kontekstual dan Gambar) dapat meningkatkan prestasi siswa kelas VII E MTs Negeri Bantarkawung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigid Sriwanto, M.Si. dan Suwarsito, S.Pi M.Si.
Uncontrolled Keywords: KOGA (Kontekstual dan Gambar) , Prestasi belajar dan IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:44
Last Modified: 06 Jul 2017 04:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

View Item View Item