PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DI KELAS IV SD NEGERI 3 PLIKEN

APRILDA, LINDA MEGA (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DI KELAS IV SD NEGERI 3 PLIKEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LINDA MEGA APRILDA COVER.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LINDA MEGA APRILDA BAB I.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LINDA MEGA APRILDA BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LINDA MEGA APRILDA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LINDA MEGA APRILDA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LINDA MEGA APRILDA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
LINDA MEGA APRILDA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
LINDA MEGA APRILDA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA materi sifat dan perubahan wujud benda melalui metode pembelajaran discovery. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Pliken yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Tahap penelitian setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Perolehan data kreativitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan tes kreativitas, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang masing-masing diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian, kreativitas belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 11,30 dengan ketuntasan klasikal 56,52% sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 73,91%. Hasil penelitian kreativitas belajar siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 13,81 dengan ketuntasan klasikal 86,36% sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 90,90%. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Prestasi Belajar, IPA, Metode Pembelajaran Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:33
Last Modified: 06 Jul 2017 04:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2335

Actions (login required)

View Item View Item