PENINGKATAN RASA NASIONALISME DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 1 KLAHANG

RAHMAWATI, DWI (2013) PENINGKATAN RASA NASIONALISME DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 1 KLAHANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DWI RAHMA COVER.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI RAHMA BAB I.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI RAHMA BAB II.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
DWI RAHMA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
DWI RAHMA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DWI RAHMA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
DWI RAHMA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), karena masih kurangnya rasa nasionalisme siswa dan rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas yang dibuktikan dengan adanya siswa yang nilainya di bawah KKM. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Klahang yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan, meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu evaluasi tertulis untuk mengetahhui prestasi siswa pada setiap akhir pertemuan, dan angket untuk mengetahui rasa nasionalisme siswa pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rasa nasionalisme siswa pada siklus I yaitu rata-rata 31,75 dengan ketuntasan mencapai 79,38% dan pada siklus II yaitu rata-rata 32,47 dengan ketuntasan mencapai 81,18%, sedangkan nilai rata-rata tes/evaluasi siswa siklus I yaitu 75 dengan ketuntasan belajar mencapai 75%, sedangkan pada siklus II rata-rata siklus II yaitu 79,69 dengan ketuntasan mencapai 84,38%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo. M.M., M.Pd dan Drs. H. Sri Harmianto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: IPS, nasionalisme, pembelajaran PBL, prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 06 Jul 2017 03:44
Last Modified: 06 Jul 2017 03:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item View Item