PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIFPERAWAT-PASIEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT WIJAYAKUSUMA (DKT) PURWOKERTO

PERDANAKUSUMA, ADITYA (2013) PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIFPERAWAT-PASIEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT WIJAYAKUSUMA (DKT) PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ADITYA PERDANAKUSUMA COVER.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADITYA PERDANAKUSUMA BAB I.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADITYA PERDANAKUSUMA BAB II.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
ADITYA PERDANAKUSUMA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
ADITYA PERDANAKUSUMA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
ADITYA PERDANAKUSUMA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img]
Preview
Text
ADITYA PERDANAKUSUMA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
ADITYA PERDANAKUSUMA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi efektif terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Wijayakusuma (DKT) Purwokerto. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh komunikasi efektif terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Wijayakusuma (DKT) purwokerto. adalah kepuasan pasien. Sampel yang dikenal prilaku dan sampel harus representatif yaitu sampel yang benar-benar mencerminkan populasi yaitu antara 10-15%, 20-25% atau lebih Arikunto (1998).Penelitian ini menggunakan subjek pasien rawat inap di RS.Wijayakusuma yang berjumlah 113 subjek diambil 15% dari total keseluruhan populasi sebanyak 756 pasien dan diambil 30 subjek untuk dilakukan try out, 30 subjek dianggap telah mencermintak 113 subjek yang ada untuk melakukan try outdengan menggunkan dua skala yaitu skala komunikasi efektif dan kepuasan pasien.dari hasil uji validitas reliabilita, koefisien validitas skala komunikasi efektif bergerak dari 0,375 sampai 0,821 sedangkan skala kepuasan pasien bergerak 0,375 sampai 0,75 dari hasil uji reliabilitas skala komunikasi efektif diperoleh α = 0,934 dan skala kepuasan pasien diperoleh α = 0,941. Berdasarkan hasil uji analisis data dengan uji regresi didapat nilai F = 80,562 pada taraf signifikan 5% yang berarti ada pengaruh komunikasi efektif terhadap kepuasan pasien, dan menunjukkan rxy= 0,649 dan P = 0,000 (P<0,05). Arah hubungan yang positif menunjukkan bahwa semakin tinggi komunikasi efektif maka semakin tinggi kepuasan pasien. Sumbangan komunikasi efektif sebesar 42,1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yaitu ada pengaruh komunikasi efektif terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Retno Dwiyanti, S.Psi,.M.Si. dan Rr. Setiyawati, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: komunikasi efektif, kepuasan pasien rawat inap
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 06 Jul 2017 03:28
Last Modified: 06 Jul 2017 03:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2311

Actions (login required)

View Item View Item