UPAYA MENINGKATAN SIKAP BERSAHABAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KENAMPAKAN BUATAN DI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTU MEDIA VIDEO DI KELAS V SEKOLAH DASAR

SUDRAJAT,, IBNU (2016) UPAYA MENINGKATAN SIKAP BERSAHABAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KENAMPAKAN BUATAN DI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTU MEDIA VIDEO DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya sikap bersahabat siswa dan prestasi yang rendah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap bersahabat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui metode pembelajaran tutor sebaya berbantu media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan terdiri dari 2 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah kelas VB SD Negeri 2 Sokawera, berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes, angket sikap bersahabat siswa, lembar observas i aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata individu 70 dan ketuntasan secara klasikal 80%. Hasi l penelitian menunjukan metode pembelajaran tutor sebaya berbantu media video dapat meningkatkan sikap bersahabat siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata setiap indikator dari siklus I ke siklus II. Siklus I ketuntasan secara klasikal adalah 78,38% dan pada siklus II ketuntasan secara klasikal 87,52%. Metode pembelajaran tutor sebaya berbantu media video juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siklus I yaitu 66,47 dan ketuntasan secara klasikal adalah 61,90%. Pada siklus II nilai rata-rata yaitu 81,71 dan ketuntasan secara klasikal 85,71%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Drs. Supriatna, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Sikap Bersahabat, Prestasi Belajar, Pembelajaran Tutor Sebaya, Media Video, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 06 Jul 2017 02:54
Last Modified: 06 Jul 2017 02:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item View Item