PERAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM KAITANNYA DENGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN GURU KELAS V GUGUS NITI PRAJA UPK KEDUNGBANTENG

RAHMAWATI,, GALUH (2016) PERAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM KAITANNYA DENGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN GURU KELAS V GUGUS NITI PRAJA UPK KEDUNGBANTENG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KKG merupakan wadah atau forum kegiatan profesional bagi para guru SD atau MI (Madrasah Ibtidaiyah) di tingkat gugus atau kecamatan yang terdiri dari beberapa guru dari beberapa sekolah. Kegiatan KKG memiliki peran yang sangat penting dalam kaitannya dengan kegiatan pembelajaran guru SD, sehingga penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peran kegiatan KKG dalam proses pembelajaran; 2) mengetahui peran kegiatan KKG dalam kaitannya dengan kompetensi pedagogik guru. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah ketua KKG sebagai pengurus serta pemimpin anggota guru, dan guru sebagai peserta kegiatan KKG Gugus Niti Praja. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kegiatan KKG dalam proses pembelajaran yaitu sebagai forum pemecahan masalah pembelajaran; guru dapat menerapkan materi KKG ke dalam pembelajaran. Peran kegiatan KKG dalam kaitannya dengan kompetensi pedagogik guru yaitu sebagai wadah pembinaan profesional; kegiatan yang membantu mengembangkan keprofesian guru; menambah wawasan, pengetahuan dan pengembangan guru dalam m engajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan KKG yang dilaksanakan sudah baik dengan adanya peran dari kegiatan KKG tersebut, akan tetapi masih diperlukan peningkatan program kegiatan KKG seperti peningkatan program rutin dan program pengembangan, peningkatan materi kegiatan, kedisiplinan guru sebagai peserta kegiatan, dan peningkatan motivasi guru supaya peran kegiatan KKG dapat dimanfaatkan oleh pengurus dan anggota kegiatan KKG.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D, dan Dhi Bramasta, S.Si, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kelompok Kerja Guru, Peran Kelompok Kerja Guru, Kegiatan Pembelajaran SD, Kompetensi Pedagogik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 06 Jul 2017 02:05
Last Modified: 06 Jul 2017 02:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item View Item