PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO

SUPRABOWO, NARTEJO (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NARTEJO SUPRABOWO_COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NARTEJO SUPRABOWO_BAB I.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NARTEJO SUPRABOWO_BAB II.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
NARTEJO SUPRABOWO_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
NARTEJO SUPRABOWO_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] Text
NARTEJO SUPRABOWO_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
NARTEJO SUPRABOWO_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
NARTEJO SUPRABOWO_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh metode mind mapping terhadap minat peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo dalam menulis pantun; dan (2) mendeskripsikan pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo dalam menulis pantun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Berdasarkan teknik simple random sampling ditetapkan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretes dan postes, serta nontes berupa angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16 menunjukkan data pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kemampuan menulis pantun antara peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode mind mapping dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode mind mapping. Hal ini dapat terlihat dari hasil analisis dengan menggunakan uji-t antar kelompok. Dari data postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai t sebesar 4,762 dengan df = 59 dan diperoleh nilai p sebesar 0,001 pada taraf kesalahan 0,05 (5%). Nilai p lebih kecil dari taraf kesalahan 0,05 (0,000 < 0,05). Metode mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis pantun peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan data pretes dan postes kemampuan menulis pantun kelompok eksperimen diperoleh nilai t sebesar 2,087 dengan df = 70,025 dan diperoleh nilai p sebesar 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%). Nilai p besarnya lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) menunjukkan metode mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis pantun peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo. vii Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode mind mapping mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis pantun, ada perbedaan kemampuan menulis pantun yang nyata antara kelas yang menggunakan metode mind mapping dengan kelas yang tidak menggunakan metode mind mapping. Saran peneliti adalah guru sebaiknya menggunakan metode mind mapping dalam kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menulis pantun.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Kuntoro, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: minat, kemampuan menulis pantun, metode mind mapping, peserta didik kelas VII SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pascasarjana > Pascasarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 05 Jul 2017 02:00
Last Modified: 05 Jul 2017 02:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2232

Actions (login required)

View Item View Item