UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAAN SCRAMBLE PADA KOMPETENSI DASAR HAK ASASI MANUSIA DI KELAS VII D SMP NEGERI 5 PURWOKERTO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

LAELANI, ISTIQ HIDAYAH (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAAN SCRAMBLE PADA KOMPETENSI DASAR HAK ASASI MANUSIA DI KELAS VII D SMP NEGERI 5 PURWOKERTO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ISTIQ HIDAYAH LAELANI_PPKn'16.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ISTIQ HIDAYAH LAELANI_PPKn'16.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ISTIQ HIDAYAH LAELANI_PPKn'16.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ISTIQ HIDAYAH LAELANI_PPKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB IV_ISTIQ HIDAYAH LAELANI_PPKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ISTIQ HIDAYAH LAELANI_PPKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ISTIQ HIDAYAH LAELANI_PPKn'16.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ISTIQ HIDAYAH LAELANI_PPKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui model pembelajaran scramble pada kompetensi dasar hak asasi manusia. Subjek penelitian adalah kelas VII D di SMP Negeri 5 Purwokerto semester genap tahun 2015/2016 dengan siswa berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan tindakan 2 siklus. Prosedur dalam penelitian setiap siklusnya meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode dalam pengumpulan data diperoleh melalui tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis presentase menggunakan tabel dan diagram. Hasil penelitian yang diperoleh pada soal pre tes siswa yang tuntas dalam hasil belajar adalah 9 siswa atau rata-rata 58,57 selanjutnya pada tindakan siklus I siswa yang tuntas dalam hasil belajarnya yaitu 25 siswa atau dalam presentase rata-rata 80,57 meningkat ke soal siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan pada hasil belajar adalah mencapai 33 siswa atau dalam nilai presentase rata-rata 90,29 oleh karena itu dapat dikatakan bahwasannya model scramble dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada kompetensi dasar hak asasi manusia di kelas VII D semester genap SMP Negeri 5 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Banani Ma’mur, M.Si., dan Efi Miftah Faridli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, Model Scramble
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 05 Jul 2017 01:40
Last Modified: 05 Jul 2017 01:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2230

Actions (login required)

View Item View Item