ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BINANGUN PADA MATERI BILANGAN BULAT

ALFIANA, FENTI (2015) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BINANGUN PADA MATERI BILANGAN BULAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf

Download (33MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
BAB III_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB IV_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
BAB V_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_FENTI ALFIANA_MATEMATIKA'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Binangun pada materi Bilangan Bulat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini siswa dikelompokan kedalam tiga kategori, yaitu siswa kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi, sedang dan rendah. Masingmasing kelompok dipilih dua siswa untuk keperluan wawancara. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata setiap indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII A adalah 53% dengan persentase tertinggi 64% dan persentase terendah 41%. Siswa berkemampuan pemahaman konsep matematis tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang baik dan dapat menjawab soal dengan tepat. Siswa berkemampuan pemahaman konsep matematis sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis cukup baik namun kadang masih kurang teliti dalam menjawab soal. Sedangkan untuk siswa berkemampuan pemahaman konsep matematis rendah tidak memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang baik dan tidak menguasai materi bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno,M.Pd, dan Reny Amalia, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bilangan Bulat, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 05 Jul 2017 01:26
Last Modified: 05 Jul 2017 01:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item View Item