PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ANAK KOLONG PUNYA DERITA KARYA VERY BARUS

ALBANIA, SETIANI (2014) PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ANAK KOLONG PUNYA DERITA KARYA VERY BARUS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Setiani Albania_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Setiani Albania_BAB I.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Setiani Albania_BAB II.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text
Setiani Albania_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
Setiani Albania_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
Setiani Albania_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
Setiani Albania_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
Setiani Albania_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perkembangan Psikososial Anak Pada Tokoh Utama Dalam Novel Anak Kolong Punya Derita Karya Barus” bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan psikososial anak yang terdapat pada novel tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi, yaitu pendekatan dalam karya sastra yang berorientasi pada struktur kejiwaan seseorang.Di sini yang menjadi objek adalah perkembangan psikososial tokoh utama yaitu Sudung. Hasil penelitian terhadap novel Anak Kolong Punya Derita karya Very Barus, menunjukkan bahwa novel tersebut banyak mengandung unsur perkembangan psikososial anak di dalamnya. Pada penelitian ini terdapat empat aspek psikososial anak yaitu (a) perkembangan pemahaman diri, dimana tokoh utama Sudung memahan\mi dirinya bahwa dia berperawakan kurus, jago menggambar dan mengarang serta memiliki perilaku yang nakal (b) perkembangan hubungan dengan keluarga, dalam perkembangan hubungan dengan keluarga tingkah laku Sudung mengalami perkembangan yang positif karena didikan dari orang tuanya sangat baik walaupun keras (c) perkembangan hubungan dengan teman sebaya, dalam aspek ini tingkah laku Sudung dapat dikatakan negative karena terpengaruh perilaku temannya (d) perkembangan hubungan di sekolah, Sudung mengalami perkembangan yang positif karena dipengaruhi oleh orang di sekitar yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sarwidi, M.Hum. dan Heru Kurniawan, S.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Psikososial Anak; Tokoh Utama, Novel Anak Kolong Punya Derita, Very Barus
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 21 Nov 2016 00:52
Last Modified: 21 Nov 2016 00:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item