MODEL PEMBINAAN MINAT DAN BAKAT TERHADAP PESERTA DIDIK ANAK KESULITAN BELAJAR ( SLOW LEARNING ) (Studi Deskriptif di kelas 4A Sekolah Dasar Inklusi Purba Adhi Suta)

CORY NURLAELA, (2017) MODEL PEMBINAAN MINAT DAN BAKAT TERHADAP PESERTA DIDIK ANAK KESULITAN BELAJAR ( SLOW LEARNING ) (Studi Deskriptif di kelas 4A Sekolah Dasar Inklusi Purba Adhi Suta). Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
CORY NURLAELY - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
CORY NURLAELY - BAB I.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CORY NURLAELY - BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
CORY NURLAELY - BAB III-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
CORY NURLAELY - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text
CORY NURLAELY - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img]
Preview
Text
CORY NURLAELY - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text
CORY NURLAELY - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pada dasarnya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sama seperti individu anak lain, mereka juga memiliki hak sama untuk dapat sukses dan berkembang dalam hidupnya dengan berbagai minat dan bakat yang mungkin banyak orang lain tidak miliki. Adanya model pembinaan minat dan bakat ini untuk dapat mengetahui cara guru menganalisis karakteristik, mengetahui membina bakat serta upaya sekolah dan juga kendala mereka selama ini. Pendekatan yang digunakan didalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode pendekatan de skriptif yaitu pengumpulan data berupa kata -kata, gambar, dan bukan angka -angka. Penelitian ini dilakukan di SD Inklusi Purba Adhi Suta, Purbalingga. Subjek peneliti an ini adalah siswa abk kelas 4A dengan jenis kebutuhan anak kesulitan atau lambat belajar yaitu sejumlah 5 anak dan dengan jenis kebutuhan anak tunalaras yaitu 7 anak. Guru menjadi informan primer dan kepala sekolah dan siswa menjadi informan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data an alisis dilakukan dengan menggunakan analisis model miles, huberman yang terdiri dari data collection, data reduction, data display, dan conclusion. Triangulasi teknik digunakan sebagai teknik keabsahan data. hasil penelitian menunjukan bahwa antara guru re guler khusus dalam melihat karakteristik anak berkebutuhan khusus dilihat dari hasil pembelajaran, rasa ingin tahu, serta sikap siswa dalam keseharian. Guru khusus dalam prakteknya banyak memberikan kegiatan yang bersifat ketrampilan untuk dapat mengetahui berbagai potensi minat dan bakat siswanya, sedangkan untuk pembinaan yang dilakukan secara intensif guru khusus lakukan kelas inklusi setiap hari jumatnya. Sekolah juga senantiasa turut memberikan andil dalam melakukan upaya pembinaan minat dan bakat terh adap siswa abk seperti dengan adanya kegiatan tari dan musik, meski dalam pelaksanaanya semua kegiatan jelas nantinya akan menemui kendala baik pada bidang sarana dan prasarana, guru ataupun siswa abk itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 1. Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd., 2.Pratik Hari Yuwono, S.Sn.,MA.,
Uncontrolled Keywords: Minat, Bakat, Anak Kesulitan Belajar ( Slow Le arning )
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 04 Jul 2017 04:22
Last Modified: 04 Jul 2017 04:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2212

Actions (login required)

View Item View Item