PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP SIKAP BERSAHABAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

ARINA MANFIATUN, (2016) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP SIKAP BERSAHABAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ARINA MANFIATUN - Cover.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARINA MANFIATUN - Bab I.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARINA MANFIATUN - Bab II.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARINA MANFIATUN - Bab III.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text
ARINA MANFIATUN - Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
ARINA MANFIATUN - Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
ARINA MANFIATUN - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berkembangnya model pembelajaran memberikan kesempatan bagi guru untuk dapat memilih yang paling efektif dalam pengajaran. Metode Role Playing menjadi salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran meskipun dianggap kurang lazim dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengaruh metode Role Playing terhadap sikap bersahabat siswa pada mata pelajaran Matematika materi pecahan di kelas IV SD Negeri Mandirancan; 2) Mengetahui pengaruh metode Role Playing terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika materi pecahan di kelas IV SD Negeri Mandirancan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian Quasi-Experimental . Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data prestasi menggunakan tes dan sikap bersahabat siswa menggunakan angket. Data dihitung dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji u. Hasil penelitian pada sikap bersahabat siswa menunjukkan > α atau 0,2676 > 0,025; sehingga H o diterima. Jadi, tidak terdapat pengaruh metode Role Playing terhadap sikap bersahabat siswa pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri Mandirancan. Hasil pada prestasi belajar matematika siswa menunjukkan < α atau 0,0233 < 0,025; sehingga H o ditolak. Jadi, terdapat pengaruh metode Role Playing terhadap prestasi belajar matematika materi pecahan di kelas IV SD Negeri Mandirancan. Data disimpulkan bahwa penggunaan metode Role Playing berpengaruh terhadap prestasi siswa namun tidak berpengaruh terhadap sikap bersahabat siswa

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 1. Drs. Sony Irianto, M.Pd., 2.udha Febrianta, M.Or,
Uncontrolled Keywords: Sikap Bersahabat, Prestasi belajar, Matematika dan metode Role Playing .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 04 Jul 2017 03:51
Last Modified: 04 Jul 2017 03:51
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item