UPAYA MENINGKATKAN CINTA TANAH AIR DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGTENGAH

SUNARYA, FINGER WANDRI (2016) UPAYA MENINGKATKAN CINTA TANAH AIR DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGTENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FINGER W. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FINGER W. BAB I.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FINGER W. BAB II.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
FINGER W. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
FINGER W. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FINGER W. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img]
Preview
Text
FINGER W. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meliputi rasa cinta tanah air dan prestasi belajar siswa. Rasa cinta tanah air di SD Negeri 1 Karangtengah terlihat masih rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil angket cinta tanah air menunjukkan bahwa masih benyak siswa yang rasa cinta tanah airnya rendah. Pretasi belajar siswa kurang terlihat dari data yang diperoleh, dari hasil ulangan tahun sebelumnya dari jumlah 31 siswa yang mencapai ketuntasan hanya 11 siswa dengan nilai rata-rata seluruh siswa 58, masih dibawah KKM yaitu 75. Hal ini disebabkan karena masih kurang tertariknya siswa pada mata pelajaran PKn dan seringnya siswa cepat bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi belajar PKn siswa materi globalisasi melalui model pembelajaran role playing. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 34, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Berdasarkan hasil cinta tanah air diperoleh nilai rata-rata siklus I sebesar 2,84 dan siklus II sebesar 3,26 peningkatan tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini yaitu mencapai rata-rata 3,00. Hasil penilaian prestasi belajar siklus I diperoleh rata-rata nilai 75,5 dengan ketuntasan 64,7% dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 83,75 dengan ketuntasan 87,5%, sehingga persentase peningkatan ketuntasan belajar yang diperoleh dari sikus I ke siklus II sebanyak 22,8%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangtengah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Dr. Ana Andriani, M.pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, PKn, Model Pembelajaran Role Playing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 03 Jul 2017 03:19
Last Modified: 03 Jul 2017 07:37
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2170

Actions (login required)

View Item View Item