PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)KELAS V SD NEGERI 2 LESMANA

RAHMAWATI,, RANITA CINDI DIAH (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)KELAS V SD NEGERI 2 LESMANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tentang peningkatan hasil belajar IPS materi pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melalui model kooperatif tipe NHT di SD Negeri 2 Lesmana pada bulan Maret sampai dengan bulan April. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT siswa pada pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas V SD Negeri 2 Lesmana. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil pe nelitian pada siklus I menunjukkan skor hasil belajar ranah kognitif siswa memiliki rata-rata 71,91 dengan persentase 66,6%, hasil belajar ranah afektif siswa mendapatkan rata-rata 2,74 dengan kriteria baik, dan hasil belajar ranah psikomotor siswa mendapatkan rata-rata 2,62 dengan kriteria baik. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan skor hasil belajar ranah kognitif siswa memiliki rata-rata 85,08 dengan persentase 90%, hasil belajar ranah afektif siswa mendapatkan rata-rata 3,32 dengan kriteria sangat baik, hasil belajar ranah psikomotor siswa mendapatkan rata-rata 3,28 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di SD Negeri 2 Lesmana Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM., M.Pd., dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A.,
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, IPS, Model Kooperatif tipe NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2017 06:41
Last Modified: 12 Jun 2017 06:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item View Item