PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

PRATIWI, RIZKA (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RIZKA PRATIWI, COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIZKA PRATIWI, BAB I.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIZKA PRATIWI, BAB II.pdf

Download (856kB) | Preview
[img] Text
RIZKA PRATIWI, BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RIZKA PRATIWI, BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RIZKA PRATIWI, BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img]
Preview
Text
RIZKA PRATIWI, DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
RIZKA PRATIWI, LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan menggunakan model 4 -D Thiagarajan, Semel and Semel yang telah dimodifikasi menjadi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui penggunaan LKPD mater i energi panas dan bunyi kelas IV sebelum dilakukan pengembangan; 2) m engembangkan LKPD materi energi panas dan bunyi berbasis model Project Based Learning dengan teknik Mind Mapping di kelas IV; 3) mengetahui v aliditas pengembangan LKPD; 4) mengetahui pen garuh LKPD materi energi panas dan bunyi berbasis model Project Based Learning dengan teknik Mind Mapping terhadap prestasi belajar IPA materi energi panas dan bunyi ; 5) mengetahui aktivitas peserta didik menggun akan hasil pengembangan LKPD ; 6) mengetahui respon gur u terhadap pengembangan LKPD ; 7) mengetahui respon peserta didi k terhadap pengembangan LKPD . Penggunaan LKPD sebelum dilakukan pengembangan belum memenuhi kriteria kualitas LKPD sehi ngga perlu dilakukan pengembangan. Rata -rata total validasi ahl i terhadap LKPD materi energi panas dan bunyi berbasis model Project Based Learning dengan teknik Mind Mapping adalah 4,14 (sangat valid), respon guru uji coba terbatas 4,4 (sangat baik), respon guru uji pengembangan 4,3 (sangat baik), respon peserta didik uji coba terbatas 4,39 (sangat baik), respon peserta didik uji pengembangan 4,38 (sangat baik). Uji coba eksperimen dilakukan pada sekolah uji coba terbatas dengan kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan LKPD materi energi panas dan bunyi berbasis model Project Based Learning dengan teknik Mind Mapping terhadap prestasi belajar IPA materi energi panas dan bunyi. Pengujian dengan kriteria KKM 74 diperoleh perhitungan t o = 3,865 > t  = 1,714 berarti H 0 ditolak, sehingga penggunaan LKPD materi energi panas d an bunyi berbasis model Project Based Learning dengan teknik Mind Mapping dapat menghasilkan nilai diatas KKM. Aktivitas peserta didik pada setiap sekolah uji pengembangan menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu persentase SDN 1 KR N siklus I 63,00% dan siklus II 76,26% dengan kriteria baik; SDN 2 KRD siklus I 60,5% dan siklus II 76,00% dengan kriteria baik; SDN 3 KRN siklus I 65,43% dan siklus II 82,11% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Drs. H. Sri Harmianto, M.Pd., Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: LKPD, Model Project Based Learning , T eknik Mind Mapping , Research and Development (R n D)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 12 Jun 2017 06:41
Last Modified: 12 Jun 2017 06:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2133

Actions (login required)

View Item View Item