PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 3 KARANGGUDE

DIANINGATI,, OKTA (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 3 KARANGGUDE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada kompetensi dasar mendeskripsikan proklamasi kemerdekaan melalui metode Mind Mapping dengan media CD pembelajaran. P enelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 3 Karanggude yang terdiri dari 32 siswa dengan 18 siswa laki- laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Alat yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur hasil belajar siswa aspek kognitif dengan menggunakan soal evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan, untuk mengukur hasil belajar siswa aspek afektif adalah dengan menggunakan lembar penilaian afektif dan mengukur hasil belajar siswa aspek psikomotor adalah dengan menggunakan lembar penilaian psikomotor. Selain itu, untuk menilai aktivitas guru dan aktivitas siswa juga menggunakan lembar penilaian observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa untuk pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar aspek kognitif siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,1 dengan persentase ketuntasan belajar 78,1% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 74,3 dengan persentase ketuntasan belajar 93,7%. H asil belajar siswa aspek afektif pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 1,81 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 2,98. Hasil belajar siswa aspek psikomotor pa da siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,49 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 3,87. Dengan demikian pembelajaran dengan metode Mind Mapp ing dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri 3 Karanggude.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M.Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Mind Mapping, Media CD Pembelajaran, IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2017 06:00
Last Modified: 12 Jun 2017 06:00
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item