PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP RASA TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SEKOLAH DASAR

AGHISNA,, NUR ROHMAH (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP RASA TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II dengan metode eksperimen terhadap rasa tanggung jawab siswa pada mata pelajaran IPA kelas V materi pesawat sederhana; 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dengan metode eksperimen terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V materi pesawat sederhana. Penelitian ini menggunakan model kooperatif tipe jigsaw II dengan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N Paketingan 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N Karangjati 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk aspek afektif yaitu rasa tanggung jawab dan posttest untuk aspek kognitif atau prestasi belajar. Data dihitung menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian pada rasa tanggung jawab siswa diperoleh = 3, 05 >  = 1, 671, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian pa da prestasi belajar IPA diperoleh = 5, 11 >  = 1, 671, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penghitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode kooperatif tipe jigsaw II dengan metode eksperimen terhadap rasa tanggung jawab dan prestasi belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.si., dan Agung Nugroho, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif tipe jigsaw II, metode eksperimen, rasa tanggung jawab, prestasi belajar, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Jun 2017 07:33
Last Modified: 08 Jun 2017 07:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item View Item