UPAYA MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR SENI MUSIK MATERI MENGIDENTIFIKASI NADA DAN SIMBOL NADA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ZOLTANKODALY KELAS III SD NEGERI 2KARANG TALUN

PANGESTIKA, PUPUT DYAH (2015) UPAYA MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR SENI MUSIK MATERI MENGIDENTIFIKASI NADA DAN SIMBOL NADA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ZOLTANKODALY KELAS III SD NEGERI 2KARANG TALUN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Puput Dyah P..pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Puput Dyah P..pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Puput Dyah P..pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Puput Dyah P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
BAB IV_Puput Dyah P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_Puput Dyah P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Puput Dyah P..pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Puput Dyah P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar SBK siswa dengan model pembelajaran Zoltan Kodaly pada pokok bahasan Mengidentifikasi nada dan simbol nada dalam lagu sederhana. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 02 Karang Talun Cilacap yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pelaksanakan perencaan (planning), tindakan (Acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Untuk memperoleh data aktivitas guru, aktivitas siswa, penelitian ini menggunakan lembar observasi sebagai alat ukurnya yang dilaksanakan pada setiap pertemuan. Sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar SBK yang dilaksanakan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperolehnilai rata-rata prestasi belajar SBK secara keseluruhan 69,75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 45%, pada siklus II diperolehnilai rata-rata prestasi belajar SBK secara keseluruhan 74,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah Pembelajaran dengan Model Zoltan Kodaly dapat meningkatkan prestasi belajar SBK siswa kelas III SD Negeri 02 Karang Talun.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Model Zoltan Kodaly
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:34
Last Modified: 17 Nov 2016 02:34
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item