UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DI KELAS IV SD NEGERI 3 LESMANA

HIDAYAH,, NUR LAELI (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DI KELAS IV SD NEGERI 3 LESMANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Lesmana termasuk dalam kategori rendah. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif learning tipe Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Lesmana materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Lesmana yang berjumlah 35 siswa. penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi observasi dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kognitif siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk memperoleh hasil belajar aspek afektif, psikomotor, serta aktivitas guru dan siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan Jigsaw II . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Lesmana.berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. Peningkatan hasil belajar pada siklus I ke Siklus II sebesar 17,14%. Secara proses, menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat terlihat dari siswa yang lebih aktif, komunikatif serta suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II d apat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd, dan Cicih Wiarsih, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Jun 2017 07:11
Last Modified: 08 Jun 2017 07:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item