UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

YANI,, ISTI ETIN PUTRI (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian PTK ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Quantum Teahcing terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran Matematika pada Materi Pecahan Melalui Alat Peraga Blok Pecahan di Kelas IV SD N Kedondong 2014/2015. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 28 siswa, yaitu 15 anak laki-laki dan 13 anak perempuan . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan alokasi waktu 2x35 menit dan 3 x 25 menit untuk setiap pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes.Untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi belajar yang diberikan, pada setiap akhir siklus.Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pel aksanaan, observasi, dan refleksi.Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian pada pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga blok pecahan model quantum teahcin g dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I hasil prestasi belajar siswa memperoleh nilai rata -rata sebesar 77.55% dan siklus II sebesar 87.14% sedangkan kriteria sangat baik. Sedangka nilai aktifitas guru siklus I sebesar 3,16% dan siklus II sebesar 3,69 dengan kriteri a sangat baik . dan nilai aktivitas siswa siklus I sebesar 25,89% dan siklus II sebesar 33,45% kriteria sangat baik . berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa kelas IV SD Negri Kedondong dapat ditingkatkan melalui model Quantum Teacing dengan menggunakan alat peraga Blok Pecahan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Hasil prestasi belajar, Quantum teahcing, pecahan dan matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Jun 2017 02:23
Last Modified: 08 Jun 2017 02:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

View Item View Item