PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) KELAS V SDN KARANGCEGAK

MAHASTIKA,, FADHILAH WISDA (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) KELAS V SDN KARANGCEGAK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi keputusan bersama melalui model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas V SD Negeri Karangcegak tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karangcegak yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar PKn pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar ranah kognitif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 65% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 85%. Hasil belajar ranah afektif juga menunjukkan peningkatan, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,78 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,39 dengan kriteria sangat baik. Pada hasil belajar ranah psikomotor juga menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,77 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,4 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri Karangcegak tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM., M.Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions(STAD), PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:12
Last Modified: 07 Jun 2017 04:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2106

Actions (login required)

View Item View Item