MATERI PERMASALAHAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SD NEGERI PRAPAGAN 01

WAHYUNI,, EFA SUSI (2016) MATERI PERMASALAHAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SD NEGERI PRAPAGAN 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II..pdf

Download (828kB) | Preview
[img] Text
BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja keras dan prestasi belajar IPS melalui model Problem Based Learning materi permasalahan sosial. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Prapagan 01 yang terdiri dari 24 siswa, 17 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap pertemuan dilakukan dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Data hasil peningkatan kerja keras diperoleh dari angket respon siswa dan data peningkatan prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang keduanya diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil angket kerja keras siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3 dengan kriteria kerja keras baik sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 3,4 dengan kriteria kerja keras siswa sangat baik. Untuk data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil tes evaluasi yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Hasil prestasi belajar siklus I sebagai berikut: ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 62,5 % menghasilakan nilai rata-rata 67,8 hasil siklus II mengasilkan prestasi belajar siswa sebagai berikut: ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 83,33 % menghasilkan nilai rata-rata 8 1 ,04 dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi permasalahan Sosial di SDN Prapagan 01

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo. MM., M.Pd, dan Arifin Muslim M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Kerja keras, prestasi belajar, ilmu pengetahuan sosial, model Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Jun 2017 03:40
Last Modified: 07 Jun 2017 03:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item