UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DALAM MEMBUAT KAIN SONGKET RAVIA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DUKUHWALUH SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013-2014

WIDYANINGSIH, DANTI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DALAM MEMBUAT KAIN SONGKET RAVIA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DUKUHWALUH SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Danti Widyaningsih.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Danti Widyaningsih.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Danti Widyaningsih.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Danti Widyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
BAB IV_Danti Widyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text
BAB V_Danti Widyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Danti Widyaningsih.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Danti Widyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya meningkatkan Kerativitas anak dalam membuat kain songket ravia pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Dukuhwaluh Purwokerto semester genap tahun ajaran 2013-2014. Kemampuan kreativitas anak pada kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Dukuhwaluh masih rendah di tandai dengan malasnya untuk berkreativitas dalam menyulam kain songket, dalam kegiatan ini anak didik masih banyak yang belum mampu mengontrol kesabarannya. Peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas pada anak. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian bertujuan untuk mengetahui teknik menyulam kain songket dengan menggunakan tali ravia dalam meningkatkan kreativitas anak kelompok B Semester genap TK Aisyiyah Bustanul Athfal Dukuhwaluh Kabupaten Banyumas. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok B Semester genap Taman kanak-kanak Bustanul Athfal dengan jumlah siswa 20 anak, 9 anak laki-laki, 11 anak Perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus ada 3 kali pertemua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Pada kondisi awal yang berkembang sangat baik 20%, berkembang sesuai harapan 10%, mulai berkembang 30%, dan yang belum berkembang 40%. Kemudian pada siklus I yang berkembang sangat baik meningkat menjadi 40%, berkembang sesuai harapan 30%, mulai berkembang 10%, dan yang belum berkembang 20%. Pada siklus II yang berkembang sangat baik meningkat pesat menjadi 85%, berkembang sesuai harapan 5%, mulai berkembang 5%, belum berkembang 5%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fathonah, M.Hum. dan Desti Pujiati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas anak TK; Menyulam kain songket dengan menggunakan tali ravia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 16 Nov 2016 02:12
Last Modified: 16 Nov 2016 02:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item