PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 2 PURWOJATI

HIDAYATI, LAILI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 2 PURWOJATI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Laili Hidayati.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Laili Hidayati.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Laili Hidayati.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Laili Hidayati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text
BAB IV_Laili Hidayati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_Laili Hidayati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Laili Hidayati.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Laili Hidayati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah apakah metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar matematika terhadap materi bangun ruang bagi siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwojati dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas IV sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Alokasi tiap pertemuanya itu 3x35 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Penilaian aspek kognitif menggunakan teknik tes sedangkan penilaian aspek afektif dan psikomotor menggunakan teknik non tes yaitu berupa lembar observasi. Hasil penelitianya itu 1) Hasil belajar siswa dalam aspek kognitif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,3 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 63,9%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 86,1 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 86,1%. 2) Hasil belajar siswa dalam aspek afektif pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 27,8 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 69,5%, pada siklus II diperoleh rata- rata kelas 34,39 dengan prosentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 85,97%. Hal ini menunjukkan bahwa siklus I ke siklus II hasil belajar siswa pada aspek afektif meningkat. Peningkatannya yaitu sebesar 16,47%. 3) Hasil belajar siswa dalam aspek psikomotor. Pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 23,39 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 73%. Pada siklus II diperoleh rata-rata kelas 29,2. Dengan prosentase ketuntasan belajar aspek psikomotor sebesar 90,28%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 16 Nov 2016 01:22
Last Modified: 16 Nov 2016 01:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item