PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER MAJALAH DINDING PADA SEKOLAH DASAR BERAFILIASI ISLAM DI CILACAP

BEKTI, YUNIA (2017) PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER MAJALAH DINDING PADA SEKOLAH DASAR BERAFILIASI ISLAM DI CILACAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Yunia Bekti_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yunia Bekti_BAB I.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yunia Bekti_BAB II.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text
Yunia Bekti_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text
Yunia Bekti_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Yunia Bekti_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
Yunia Bekti_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
Yunia Bekti_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ekstrakurikuler dapat menyalurkan/mengembangkan kemampuan siswa sesuai dengan minat dan bakatnya, memperluas pengetahuan, menambah keterampilan dan kompetensi sosial. Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dikembangkan salah satunya yaitu majalah dinding. Melalui ekstrakurikuler majalah dinding siswa diharapkan mampu mengembangkan kreativitas yang dimilikinya. Pengelolaan ekstrakurikuler majalah dinding yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SD Al-Azhar 16 Cilacap, SD Al-Irsyad 01 Cilacap, dan SD Al-Irsyad 02 Cilacap. Subjek penelitian ini yaitu guru pembina dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Perencanaan di SD Al-Azhar 16 Cilacap, SD Al-Irsyad 01 Cilacap, dan SD Al-Irsyad 02 Cilacap secara umum dalam kondisi baik, namun ada salah satu sekolah masih ada kondisi yang kurang baik karena terkendala dari pihak pengelola, (2) Pelaksanaan di SD Al-Azhar 16 Cilacap, SD Al-Irsyad 01 Cilacap, dan SD Al-Irsyad 02 Cilacap secara keseluruhan sudah baik dilihat dari pengorganisasian, mengomunikasikan, sampai dengan pengkoordinasian, (3) Evaluasi pengelolaan ekstrakurikuler majalah dinding di SD Al-Irsyad 01 Cilacap dan SD Al-Irsyad 02 Cilacap kondisinya belum baik karena dari pihak kepala sekolah maupun pengelola belum sepenuhnya memberikan evaluasi secara maksimal, sedangkan di SD Al-Azhar 16 kondisinya sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Ekstrakurikuler, Majalah Dinding
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 13 May 2017 03:32
Last Modified: 13 May 2017 03:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item