i TESIS PENGARUH METODE S IMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGKLESEMUPK PURWOKERTO SELATAN

NUGRAHEN, HERMIN (2017) i TESIS PENGARUH METODE S IMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGKLESEMUPK PURWOKERTO SELATAN. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Hermin Nugraheni, Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hermin Nugraheni, BAB I.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hermin Nugraheni, BAB II.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hermin Nugraheni, bab III.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hermin Nugraheni, BAB IV.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hermin Nugraheni, BAB V.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hermin Nugraheni, Daftar Pustaka.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hermin Nugraheni, Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode simulasi terhadap kemampuan berbicara dan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 1 Karangklesem UPK Purwokerto Selatan . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desa in yang digunakan adalah Pretest -Postest Control Group Desain . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Karangklesem dan SDN 2 Karangklesem UPK Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas yang berjumlah 40 orang . S ampel kelompok eksperimen kelas IV SDN 1 Karangklesem berjumalah 20 sisw a, dan kelompok kontrol kelas IV SDN 2 Karangklesem UPK Purwokerto Selatan berjumlah 20 siswa. Data penelitian dikumpulkan deng an tes kemampuan berbicara dan lembar pengamatan keaktifan belajar siswa . Tes kemampuan berbi cara berupa tes kemampuan berbicara dalam kegiatan bertelephon yang berjumlah 2 anak untuk setiap kelompok, untuk mengetahui kemamp uan siswa dalam kemampuan berbicara . Lembar pengamatan keaktifan belajar siswa yang terdiri dari 6 item dan setiap item terd iri dari 3 indikator digunakan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan Uji t . H asil analisis statistik independent t test keaktifan belajar siswa nilai t hitung menunjukkan angka se besar 4 ,57 sedangkan nilai t tabel pada ta raf kepercayaan 95% sebesar 2,048 . Jadi t hitung > t tabel ( 4,577 > 2,0 48 ) yang puan artinya hipotesis yang menyatakan penerapan metode pembelajaran simulasi mempunyai sedikit peningkatan terhadap pengar uh keaktifa n belajar siswa pada siswa kelas IV SDN 1 Karangklesem UPK Purwokerto Selatan. Penerapan metode S imulasi pada pembelajaran bahasa Indonesia materi bertelephon mempunyai pen garuh terhadap kemampuan berbica ra sisw a. Berdasarkan hasil analisis statistik indep endent t test kemampuan berbicara nilai t hitung sebesar 5 ,62 sedangkan nilai t -tabel pada taraf kepercayaan 9 5% menunjukkan angka sebesar 2, 048 . Jadi t hitung > daripada t tabel yang artinya hipotesis yang menyatakan p enerapan model pembelajaran simulasi mempunyai pengaruh yang signifikan ter hadap kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SDN 1 Karangklesem diterima .

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dr. Kuntoro, M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: metode simulasi, kemampuan berbicara dan keaktifan belajar sisw a .
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 12 May 2017 01:01
Last Modified: 12 May 2017 01:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item