PERAN PEMBELAJARANPENDIDIKANKEWARGANEGARAAN DALAMMEMBENTUK KEDISIPLINANSISWAPADA MATERI HUKUM DI SMK TUJUH LIMA 2 PURWOKERTO

SUSANTI, RINI PUJI (2013) PERAN PEMBELAJARANPENDIDIKANKEWARGANEGARAAN DALAMMEMBENTUK KEDISIPLINANSISWAPADA MATERI HUKUM DI SMK TUJUH LIMA 2 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Rini Puji S..pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Rini Puji S..pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Rini Puji S..pdf

Download (825kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Rini Puji S..pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
BAB IV_Rini Puji S..pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[img] Text
BAB V_Rini Puji S..pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Rini Puji S..pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Rini Puji S..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pelanggaran kedisiplinan sekarang ini banyak dilakukan oleh siswa di sekolah. Hampir di setiap jenjang sekolah, ada siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah yaitu datang terlambat ke sekolah, membolos, dan kabur dari sekolah. Hal ini tentu mengkhawatirkan, karena remaja sebagai generasi muda diharapkan mampu menjadi sosok pemimpin yang memiliki kedisiplinan yang tinggi. Untuk membentuk kedisiplinan dapat dilakukan melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba mengungkap tentang peran pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk kedisiplinan siswa pada materi hukum di SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk kedisiplinan siswa pada materi hukum di SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur. Analisis Data menggunakan analisis data kualitatif. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kesimpulan umum dalam penelitian ini yaitu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mempunyai peran dalam pembentukan kedisiplinan siswa pada materi hukum sebagai sarana penanaman nilai-nilai kedisiplinan. Kesimpulan khususnya yaitu 1)Kemasan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk kedisiplinan siswa pada materi hukum yaitu metode pemberian contoh, media tata tertib sekolah, materi pembelajaran materi hukum, sumber belajar LKS dan siswa. Evaluasi kognitif tes ulangan dan penugasan, afektif hasil pengamatan perilaku siswa di dalam maupun di luar kelas, dan psikomotor hasil pengamatan yang dilakukan oleh guru. 2) Respon siswa terhadap materi hukum dalam membentuk kedisiplinan siswa yaitu adanya perubahan pada perilaku siswa yang memiliki kedisiplinan. 3)Kendala-kendala pembelajaran PKn dalam membentuk kedisiplinan siswa pada materi hukum adalah materi, media, metode, sumber dan evaluasi yang digunakan oleh guru kurang menarik dan indispliner siswa. 4) Upaya-upaya guru dalam mengatasi kendala-kendala pembelajaran PKn dalam membentuk kedisiplinan siswa pada materi hukumya itu membangun pembelajaran PKn yang bervariatif (materi, media, metode, sumber dan evaluasi), memberikan motivasi belajar kepada siswa, dan pemberian punishment (hukuman positif) kepada siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Ratna Kartikawati, S.H., M.Hum. dan Eko Priyanto, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, Kedisiplinan Siswa
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 11 Nov 2016 02:22
Last Modified: 11 Nov 2016 02:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item