PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 1 CILONGOK

WIDYANINGRUM, RATIH (2013) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 1 CILONGOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Ratih Widyaningrum.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Ratih Widyaningrum.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Ratih Widyaningrum.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Ratih Widyaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text
BAB IV_Ratih Widyaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_Ratih Widyaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Ratih Widyaningrum.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Ratih Widyaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA materi gaya melalui metode eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Cilongok sebanyak 27 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari Lembar Kerja Siswa, lembar angket rasa ingin tahu, lembar tes evaluasi, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembar wawancara siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh hasil bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya di SD Negeri 1 Cilongok. Hal ini ditunjukkan pada siklus I diperoleh skor rata-rata 49,56 dengan persentase ketuntasan 66,67% (kriteria cukup) dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 60,52 dengan persentase ketuntasan 92,59% (kriteria sangat baik). Penelitian ini juga dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi gaya ditunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 60,56 dengan ketuntasan belajar 62,96% (kriteria cukup) dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,85 dengan ketuntasan belajar 88,89% (kriteria sangat baik). Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut, bahwa pembelajaran IPA materi gaya menggunakan metode eksperimen terbukti berhasil meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA materi gaya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, IPA, Metode Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 11 Nov 2016 01:58
Last Modified: 11 Nov 2016 01:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item