UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR, KEDISIPLINAN, DAN KERJASAMA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (Student Team Achivement Division) PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 CILACAP TAHUN AJARAN 2009/2010

PRIYANI, NOPI (2010) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR, KEDISIPLINAN, DAN KERJASAMA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (Student Team Achivement Division) PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 CILACAP TAHUN AJARAN 2009/2010. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Nopi Priyani.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Nopi Priyani.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Nopi Priyani.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Nopi Priyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB IV_Nopi Priyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text
BAB V_Nopi Priyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Nopi Priyani.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Nopi Priyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar, kedisiplinan, dan kerjasama dalam mata pelajaran sejarah melalui Cooperative Learning tipe STAD (student team achivement division) pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukKan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar siswa, kedisiplinan dan kerjasama siswa dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil angket, observasi dan evaluasi pada setiap siklus.Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan angket respon siswa terhadap mata pelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe STAD diperoleh rata-rata siklus I sebesar 34,68% dan siklus II sebesar 61,53%, dan dengan menggunakan lembar observasi kedisiplinan siswa dari siklus ke siklus meningkat yang meliputi, ketepatan hadir dikelas, tanggung jawab, partisipasi dikelas dan ketepatan menyelesaikan tugas. Diperoleh nilai rata-rata persentase per indikator pada siklus I sebesar 28,83% dan siklus II sebesar 51,92%. Pada sikap kerjasama siswa dalam diskusi juga mengalami peningkatan yang meliputi, melakukan komunikasi kelompok, menyelesaikan tugas kelompok, menyumbangkan ide dan menjaga kekompakan kelompok. Diperoleh nilai rata-rata persentase per indikator pada siklus I sebesar 28,83% dan siklus II sebesar 43,9%.. Sedangkan dalam prestasi belajar diperoleh nilai rata-rata persentase ketuntasan kelas yaitu pada siklus I sebesar 53,84 % dan pada siklus II sebesar 67,56.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kartono, M.Si. dan Dr. Tanto Sukardi, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Prestasi Belajar, Kedisiplinan, Kerjasama, Mata Pelajaran Sejarah, Cooperative Learning Tipe Stad (Student Team Achivement Division)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 11 Nov 2016 01:47
Last Modified: 11 Nov 2016 01:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item