TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK SWASTA PURWOKERTO

ASTUTI, ATIKA MEI (2016) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK SWASTA PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ATIKA MEI ASTUTI_FARMASI'16.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ATIKA MEI ASTUTI_FARMASI'16.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ATIKA MEI ASTUTI_FARMASI'16.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ATIKA MEI ASTUTI_FARMASI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_ATIKA MEI ASTUTI_FARMASI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text
BAB V_ATIKA MEI ASTUTI_FARMASI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ATIKA MEI ASTUTI_FARMASI'16.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ATIKA MEI ASTUTI_FARMASI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tuntutan konsumen akan mutu pelayanan kefarmasian mengharuskan adanya perubahan pelayanan yang biasanya berorientasi pada produk obat saja,menjadi perubahan pelayanan baru yang berorientasi pada konsumen. Dampak dari tidak dilaksanakannya kegiatan pelayanan kefarmasian adalah dapat terjadi kesalahan pengobatan/medication error. Pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian yang baik akan meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan mengetahui kepuasan pelayanan kefarmasian di klinik swasta Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan crosssectional. Teknik pengambilan sampel adalah Accidental Sampling. Data primer didapatkan dari survey kepada pasien dengan menggunakan alat ukur kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah distribusi frekuensi, menggunakan uji Chi- Square dan Importance Performance Analysis (IPA) menggunakan analisis kuadran. Hasil analisis univariat disimpulkan bahwa sebagian besar responden berusia 18-49 tahun yaitu sebanyak 58% dengan jenis kelamin terbanyak perempuan sebesar 89%, pendidikan tinggi (SD) 51%, jenis pekerjaan terbanyak (ibu rumah tangga) 67%, dan tingkat penghasilan responden terbanyak yaitu Rp. 1000.000,- s/d 5000. 000,- sebesar 57%. Disimpulkan berdasarkan hasil analisis IPA bahwa tingkat kepuasan pasien di Klinik Swasta Purwokerto termasuk kategori sangat memuaskan dengan nilai ratarata total tingkat kesesuaian (TKI) sebesar 90,02%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Indri Hapsari, M.Si., Apt dan Much Ilham N Aji Wibowo, MPH., Apt.
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, Klinik
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 06 May 2017 01:00
Last Modified: 06 May 2017 01:00
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item View Item