PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIKAP TERHADAP PENGARUH GLOBALISASI YANG TERJADI DI LINGKUNGANNYA DI KELAS IV SD NEGERI SLARANG 01 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

MUDJIHADI, . (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIKAP TERHADAP PENGARUH GLOBALISASI YANG TERJADI DI LINGKUNGANNYA DI KELAS IV SD NEGERI SLARANG 01 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Mudjihadi.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Mudjihadi.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Mudjihadi.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Mudjihadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV_Mudjihadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB V_Mudjihadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Mudjihadi.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Mudjihadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bahwa hasil pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran inkuiri pada siswa kelas IV.(2) kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan strategi pembelajaran inkuiri (3) upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala dalam meningkatkan Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action Reserch) yaitu suatu penelitian yang merupakan bentuk kerjasama/kolaborasi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket.. Tehnik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan deskriptif komperatif secara kualitratif untuk membandingkan nilai tes antar siklus maupun dengan indikator kinerja. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dari empat tahap: (!) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan evaluasi, (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kompetensi Dasar “Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya” di kelas IV SD Negeri Sarang 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar meningkat, dari rata-rata 63 sebelum penelitian, kemudian pada siklus I rata-rata 71.1 dan siklus II rata-rata 75,6.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tukiran, M.M. dan Drs. H. Banani Ma’mur, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran Inkuiri; Pendidikan Kewarganegaraan; Kompetensi Dasar Menentukan Sikap; Pengaruh Globalisasi
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 11 Nov 2016 01:18
Last Modified: 11 Nov 2016 01:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item