MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH 03 BANDINGAN KEJOBONG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ADI, RIASWATI (2015) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH 03 BANDINGAN KEJOBONG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Riaswati Adi_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Riaswati Adi_BAB I.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Riaswati Adi_BAB II.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text
Riaswati Adi_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
Riaswati Adi_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
Riaswati Adi_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img]
Preview
Text
Riaswati Adi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Muhammadiyah 03 Bandingan Kejobong Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015 . Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI), dan beberapa siswa di MTs Muhammadiyah 03 Bandingan Kejobong Purbalingga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul dari hasil wawancara dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dan dikembangkan menjadi kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: Manajemen kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi profesional guru PAI di MTs Muhammadiyah 03 Bandingan Kejobong Purbalingga dilakukan dengan berbagai upaya, antara lain: Setiap rapat dilakukan pembinaan guru, termasuk Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) berkaitan dengan tugas-tugas guru seperti membuat perangkat pembelajaran (RPP dan Silabus), ijazah sesuai dengan kompetensi, pengiriman guru dalam kegiatan akademik berupa penataran, seminar, dan MGMP guru PAI, dalam penilaian, guru harus mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang berlaku, kepala madrasah juga melakukan pengawasan seperti kunjungan kelas, pengecekan kehadiran guru, dan laporan pengisian akhir semester dan telah melakukan fungsi-fungsi manajemen yang sering disingkat POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling) dan peranannya sebagai kepala madrasah yang sering disingkat dengan EMASLIM (Educator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Innovator, dan Motivator), dan dari lima guru PAI, yang sudah bersertifikat professional ada tiga orang, yang lain sedang dalam proses pengusulan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Wahyudiana, M.M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional, Guru PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 04 May 2017 01:32
Last Modified: 04 May 2017 01:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item