PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI ERA GLOBALISASI (Studi Deskriptif Analisis Terhadap Siswa SMP Negeri 5 Purwokerto)

HAMISA, WILDA (2013) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI ERA GLOBALISASI (Studi Deskriptif Analisis Terhadap Siswa SMP Negeri 5 Purwokerto). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Wilda Hamisa.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Wilda Hamisa.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Wilda Hamisa.pdf

Download (854kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Wilda Hamisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB IV_Wilda Hamisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text
BAB V_Wilda Hamisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Wilda Hamisa.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Wilda Hamisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)

Abstract

Nasionalisme merupakan sikap yang harus ada dan ditanamkan pada setiap individu. Penelitian ini pada umumnya dilatarbelakangi dengan banyaknya sikap yang tidak sesuai dengan nilai-nilai nasionalisme akibat pengaruh globalisasi, sehingga perlu pemahaman terhadap nilai-nilai dan norma-norma serta menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 5 Purwokerto pada era globalisasi. Peneliti kemudian merinci menjadi empat sub tujuan penelitianya yaitu, untuk mengetahui Implementasi nilai-nilai nasionalisme melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, mengetahui pengembangan nilai-nilai nasionalisme dan rasa nasionalisme siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, mengetahui kendala yang dihadapi para guru dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PKn di era globalisasi dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala-kendala menanamkan nilai-nilai nasionalisme pada pembelajaran PKn di era globalisasi.Proses penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa, guru PKn, dan Kepala SMP Negeri 5 Purwokerto. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Purwokerto. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi, studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mempunyai peran penting dalam penanaman sikap nasionalisme siswa di era globalisasi. Hal ini dibuktikan dengan materi pembelajaran PKn khususnya yang mengarah pada pembentukan sikap nasionalisme siswa. Selain itu juga dengan penggunaaan sumber belajar, metode dan media pembelajaran yang bervariatif, dan sarana prasarana yang mendukung di dalam kelas serta dengan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pihak sekolah maka sangat membantu guru dalam penanaman sikap nasionalisme.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M. dan Elly Hasan Sadeli, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, Sikap Nasionalisme, Globalisasi
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 11 Nov 2016 00:54
Last Modified: 11 Nov 2016 00:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item