UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DI KELAS V SEKOLAH DASAR

PURNAMI, SISKA AJIYATI (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VA SDN 1 Karanganyar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan melalui mo del pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II di kelas VA SDN 1 Karanganyar yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Dalam melaksanakan peneliyian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II. instrument yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes evaluasi untuk mengukur prestasi siswa dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa dan aktivitas guru. Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar siklus I diperoleh rata-rata nilai 71,21 dengan ketuntasan belajar 64% dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 80,53 dengan ketuntasan belajar 88%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada kelas VA SDN 1 Karanganyar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A,.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Jigsaw II
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 02 May 2017 03:45
Last Modified: 02 May 2017 06:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item