UPAYA MENINGKATKAN SIKAP HIDUP SEDERHANA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAMATERI PECAHAN MELALUI PAKEM MATEMATIKA DI SD NEGERI 3 LESMANA

PALUPI, SELASIH DWI (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP HIDUP SEDERHANA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKAMATERI PECAHAN MELALUI PAKEM MATEMATIKA DI SD NEGERI 3 LESMANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Matematika perlu difungsikan sebagai wahana untuk menumbuh kembangkan kecerdasan, kemampuan, keterampilan serta membentuk karakter kepribadian siswa. Proses pembelajaran matematika tidak selamanya berjalan efektif karena masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dalam proses belajar mengajar dapat datasi dengan guru memberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap hidup sederhana dan prestasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Lesmana. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua minggu dengan rencana pelaksanaan dua siklus, dalam satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes, berupa tes individu, angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan sikap hidup sederhana dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan prestasi belajar pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 76,57 dengan presentase ketuntasan sebesar 74,28% dan pada siklus II mengalami peningkatan diperoleh nilai rata-rata 87,42 dengan presentase belajar sebesar 85,71% sehingga persentase peningkatan ketuntasan belajar yang diperoleh dari sikus I ke siklus II sebanyak 11,43%. Hasil angket sikap hidup sederhana siswa menunjukan bahwa ada peningkatan rata-rata skor sikap hidup sederhana dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I skor rata-rata sikap hidup sederhana siswa mencapai 2,68 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II mencapai 3,26 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa model pembeljaran PAKEM matematika melalui kegiatan menghitung kebutuhan sehari- hari yang dapat meningkatkan sikap hidup sederhana siswa dan prestasi belajar siswa materi pecahan kelas VI SD Negeri 3 Lesmana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: PAKEM, Matematika, Sikap Hidup Sederhana, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 02 May 2017 03:36
Last Modified: 02 May 2017 06:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

View Item View Item