PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TEAM GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKANMEDIA AUDIO VISUAL PADAPEMBELAJARAN IPAUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DANRASA INGIN TAHU SISWAKELAS V SD NEGERI 2 CILONGOK

FARKHATI, NELY NUR (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TEAM GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKANMEDIA AUDIO VISUAL PADAPEMBELAJARAN IPAUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DANRASA INGIN TAHU SISWAKELAS V SD NEGERI 2 CILONGOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Prestasi belajar IPA kelas V SD Negeri 2 Cilongok masih dalam kategori rendah, hal ini dibuktikan dari belum tercapainya nilai KKM yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan sikap rasa ingin tahu siswa kelas V SD Negeri 2 Cilongok pada pembelajaran IPA materi daur air dengan menggunakan model pembelajran kooperatif tipe TGT. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Cilongok yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 14 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Data prestasi belajar siswa diperoleh dari nilai evaluasi, sedangkan untuk sikap rasa ingin tahu siswa diperoleh melalui angket rasa ingin tahu. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 57,14% dengan kriteria cukup baik, dan rata-rata sebesar 69,14, sedangkan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 88,57% dengan kriteria sangat baik dan rata-rata sebesar 80. Hasil rata-rata yang diperoleh dari sikap rasa ingin tahu sebesar 78,40 dengan kriteria baik pada siklus I, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 78,80. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media audio visual pada pembelajaran IPA materi daur air mengalami peningkatan prestasi belajar dan sikap rasa ingin tahu siswa kelas V SD Negeri 2 Cilongok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswata Eka, M.Si. dan Okto Wijayanti, S.Pd. M.A.
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe TGT, Media Audio Visual, IPA, Prestasi dan Rasa Ingin Tahu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 02 May 2017 02:41
Last Modified: 02 May 2017 06:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item