PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DI KELAS IV SD NEGERI 1 LESMANA

HIDAYATI, LIA NUR (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DI KELAS IV SD NEGERI 1 LESMANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri 1 Lesmana ini dilakukan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika materi pecahan melalui model pembelajaran quantum Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa, pe nelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing -masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ini pengumpulan data dilakukan dengan te knik tes dan non tes. Teknik tes berupa soal evaluasi dan teknik non tes berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar angket tanggung jawab.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah meningkatnya tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Lesmana. Pada angket tanggung jawab siswa siklus I skor rata -ratanya adalah 2,49 termasuk kedalam kriteria kurang dan pada siklus II skor rata -ratanya adalah 3, 36 dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini j uga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan yang ditunjukkan pada penelitian siklus I yang memperoleh hasil skor rata -rata 65,6 dengan persentase 72% (kriteria cukup) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata -rata 81,6 dengan persentase 88% (kriteria sangat baik). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri 1 Lesmana melalui model pembelajaran quantum dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika materi pecaha n.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd, dan Dr. Sriyanto, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Quantum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 02 May 2017 02:25
Last Modified: 02 May 2017 06:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item