UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI MENGHARGAI DAN MEMATUHI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI TEKNIK ACTIVE SELF ASSESSMENT DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANGGUDE

RIZQIYATI, HANI (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI MENGHARGAI DAN MEMATUHI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI TEKNIK ACTIVE SELF ASSESSMENT DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANGGUDE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hasil observasi dan wawancara menunjukkan masih kurangnya sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Karanggude mata pelajaran PKn materi menghargai dan mematuhi keputusan bersama. Permasalahan ini harus segera diatasi berkaitan dengan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi menghargai dan mematuhi keputusan bersama melalui teknik Active Self Assessment di kelas V SD N egeri 2 Karanggude. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Karanggude yang berjumlah 37 siswa dengan 21 siswa laki-laki dan 16 siswa pe rempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus melipui perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data hasil prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi, sedangkan data hasil sikap percaya diri siswa diperoleh dari lembar skala sikap dan observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sikap percaya diri siswa pada siklus I sebesar 3,89 dan siklus II sebesar 4,05, sedangkan hasil penelitian persentase nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 70,3% dan siklus II sebesar 86,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Karanggude dapat ditingkatkan melalui penerapan teknik Active Self Assessment.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Arifin Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Active Self Assessment, Percaya Diri, PKn, Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 28 Apr 2017 02:17
Last Modified: 28 Apr 2017 08:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1768

Actions (login required)

View Item View Item