ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA BAHASA INDONESIA WAHANA PENGETAHUAN SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER I DENGAN KURIKULUM 2013

PRASETIO, EKO FEBRI (2016) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA BAHASA INDONESIA WAHANA PENGETAHUAN SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER I DENGAN KURIKULUM 2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)

Abstract

Kurikulum 2013 hingga saat ini sudah berjalan tiga tahun pelajaran. Meskipun demikian, bukan berarti berjalannya Kurikulum 2013 tersebut tanpa adanya masalah. Bergantinya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ke Kurikulum 2013 diharapkan membawa perubahan bagi pendidikan Indonesia. Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan perlu diselaraskan dengan dinamika perkembangan masyarakat, lokal, nasional, dan global guna mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, serta perlunya komitmen nasional untuk meningkatkan mutu dan daya saing bangsa. Salah satu aspek yang menjadi pembeda antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yaitu dengan adanya dua buku teks pelajaran, yaitu buku guru dan buku siswa yang hadir di Kurikulum 2013. Kedua buku tersebut praktis harus digunakan dalam satu pembelajaran. Tetapi yang menjadi tugas bagi guru yaitu antara buku guru dan buku siswa memiliki fungsi yang berbeda. Jadi seorang guru atau tenaga pendidik harus mengetahui dan memahami kedua fungsi buku tersebut sehingga dapat menggunakan dengan baik dalam pembelajaran. Buku guru digunakan oleh guru sebagai acuan untuk pembelajaran yang berisi langkah- langkah dalam melakukan pembelajaran, petunjuk penggunaan buku siswa, penilaian, remidial dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan buku siswa berisi teks yang menjadi bahan materi pelajaran dan latihan-latihan soal. Dengan adanya buku ajar yang harus digunakan dalam satu pembelajaran, maka kedua buku tersebut seyogyanya memiliki relevansi dengan esensi dari pembelajaran pada Kurikulum 2013. Untuk mengetahui keterkaitan antara kedua buku tersebut, maka kedua buku tersebut harus dianalisis kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013. Buku guru dianalisis dengan melihat kesesuaian dengan SKL, kesesuaian dengan KI, kesesuaian dengan KD, kecukupan materi, kedalaman materi, informasi pembelajaran sesuai standar proses, penerapan pembelajaran scientific , penilaian autentik dan bahan remidial teaching , serta kolom interaksi guru dengan orangtua. Sedangkan buku siswa dianalisis dengan meliha t kesesuaian dengan SKL, kesesuaian dengan KI, kesesuaian dengan KD, kecukupan materi ditinjau dari cakupan materi dan alokasi waktu, kedalaman materi ditinjau dari pola pikir keilmuan dan karakteristik siswa, penerapan pembelajaran scientific , serta penilaian autentik yang tersedia dalam buku siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Isnaeni Praptanti, M. Hum dan Dra. Siti Fathonah, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, buku guru, buku siswa, analisis kesesuaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 28 Apr 2017 01:58
Last Modified: 28 Apr 2017 08:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item View Item