PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUCATION FUN (E-FUN)PADA PELAJARAN IPS MATERI PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA DAN PERUMUSAN DASAR NEGARADI KELAS V SEKOLAH DASAR

FIRDAYATI, DELFIANI (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUCATION FUN (E-FUN)PADA PELAJARAN IPS MATERI PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA DAN PERUMUSAN DASAR NEGARADI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (831kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara di kelas V SD belum optimal, oleh karena itu peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran berupa media permainan E-Fun. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kondisi faktual pemanfaatan media pembelajaran; 2) mengetahui pengembangan media permainan E-Fun ; 3) mengetahui pengaruh penggunaan media permainan E-Fun terhadap prestasi belajar peserta didik; 4) mengetahui respon guru terhadap media permainan E-Fun ; dan 5) mengetahui respon peserta didik terhadap media permainan E-Fun . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian dilakukan sampai tahap pengembangan yang diuji cobakan pada uji coba terbatas dan uji coba luas dibeberapa kelas V SD UPK Cilongok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes. Media permainan E- Fun divalidasi oleh dua validator dan memperoleh rata-rata 4,87 dengan kriteria sangat valid. Rata-rata respon guru adalah 4,64 dengan kriteria sangat setuju. Rata-rata respon peserta didik adalah 3,86 dengan kriteria sangat baik. Uji coba dilakukan menggunakan desain eksperimen pre test-post test control group desaign dengan pengambilan keputusan Z atau uji coba luas -3,273 < - 0,05 sehingga dapat disimpulkan ditolak dan diterima yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media permainan E-Fun terhadap prestasi belajar peserta didik pada pelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara di kelas V SD.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM. M.Pd, dan Cicih Wiarsih, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Permainan E-Fun, dan Model Pengembangan Thiagarajan, Semmel, dan Semmel
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 28 Apr 2017 01:51
Last Modified: 28 Apr 2017 08:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item