UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATERI ENERGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SDN 2 PURBADANA

WAHYUNUGROHO, BANGKIT (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATERI ENERGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SDN 2 PURBADANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan rasa ingin tahu siswa terutama pada mata pelajaran Ipa materi energi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Purbadana. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua minggu dengan rencana pelaksanaan 2 siklus, dalam satu sik lus terdiri dari dua kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes, berupa tes individu, angket , observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil peneliti an menunjukan adanya peningkatan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan prestasi belajar pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata -rata 74,68 dengan prosentas e ketuntasan sebesar 68% dan pada siklus II diperoleh nilai rata -rata 80,12 dengan prosentase belajar sebesar 87,5% %. Hasil angket rasa ingin tahu siswa menunjukan bahwa ada peningkatan rata -rata skor rasa ingin tahu dari siklus I sampai siklus II. Pada si klus I rata -rata rasa ingin tahu siswa mencapai 2,89 , dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II mencapai 3,28, dengan kriteri sangat baik, Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaraan kooperatif tipe STAD dapat me ningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Ipa materi energi kelas IV SD Negeri 2 Purbadana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M. M.,M.Pd., dan Drs. Yudha Febrianta M.Or.,
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 28 Apr 2017 01:39
Last Modified: 28 Apr 2017 08:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1764

Actions (login required)

View Item View Item