NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI PESANTREN (Studi Kasus di Pesantren Miftahussalam Banyumas)

KURNIAWAN, WINDU TRIAS (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI PESANTREN (Studi Kasus di Pesantren Miftahussalam Banyumas). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Windu Trias Kurniawan_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Windu Trias Kurniawan_BAB I.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Windu Trias Kurniawan_Bab II.pdf

Download (955kB) | Preview
[img] Text
Windu Trias Kurniawan_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
Windu Trias Kurniawan_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB)
[img] Text
Windu Trias Kurniawan_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img]
Preview
Text
Windu Trias Kurniawan_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
Windu Trias Kurniawan_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural di Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik dalam penentuan subjek adalah teknik sampling bertujuan ( Purposive Sampling ), dengan subjek penelitian : pimpinan pondok pesantren Miftahussalam Banyumas, bidang asrama, ustadz wali kamar, pengurus ikatan santri dan sebagian santri. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukk an bahwa : penanaman nilai -nilai pendidikan Islam Multikultural di pondok pesantren Miftahussalam Banyumas dilaksanakan melalui kegiatan -kegiatan keseharian santri. Nilai -nilai tersebut adalah a) nilai demokrasi, b) nilai kesetaraan, c) nilai keadilan, d) ni lai keragaman, e) nilai kemanusiaan, f) nilai kebersamaan, g) nilai kedamaian. Keberhasilan penanaman nilai -nilai pendidikan Islam Multikultural dapat dibuktikan dengan adanya kegiatan - kegiatan yang menghargai keragaman seperti Home event , malam apresiasi santri, pemilihan penguru s ikatan santri dan lain -lain. F aktor yang mempengaruhi keberhasilan penanaman nilai -nilai Pendidikan Islam Multikultural adalah Visi dan Misi pesantren yang berorientasi pad a pembiasaan Akhlakul Karimah , fasilitas yang memadai dan staf pendidik yang kompeten. Sedangkan fa ktor penghambatnya adalah terdapat sebagian santri yang tidak memahami pentingnya pendidikan Islam Multikultural, peran pengurus Ikatan Santri yang kurang optimal karena harus fokus mempersiapkan Ujian Nasional dan adanya permasalahan santri yang tidak terdeteksi oleh dewan ustadz.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Zakiyah, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural, Pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 27 Apr 2017 03:15
Last Modified: 27 Apr 2017 03:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item View Item