UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMA TIS SISWA KELAS VIIIA SMP DIPONEGORO 7 GUMELAR MELALUI PEMBELAJA RAN STAD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

RIZQI,, UPIK MARIFATUR (2017) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMA TIS SISWA KELAS VIIIA SMP DIPONEGORO 7 GUMELAR MELALUI PEMBELAJA RAN STAD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (929kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII A SMP Diponegoro 7 Gumelar tahun ajaran 2016/2017 pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Diponegoro 7 Gumelar pada bulan Oktober- November 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Diponegoro 7 Gumelar semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dimana siklus pertama terdiri dari 2 pertemuan, siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 3 terdiri dari 2 pertemuan. Tahapan dalam setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, ob servasi, evaluasi dan refleksi. Untuk mengukur minat belajar siswa menggunakan angket minat belajar dan lembar observasi minat belajar. Sedangkan untuk mengukur tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan tes uraian yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata minat siswa pada siklus I adalah 52,125% kriteria cukup baik, dan semakin meningkat lagi setelah dilaksanakan siklus II yaitu menjadi sebesar 65,08% dengan kriteria baik, kemudian di siklus III meningkat menjadi 74,65% dengan kriteria baik. Selain minat belajar siswa, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada tes sikl us I sebesar 54,71 dengan kriteria cukup baik, kemudian pada siklus II meningkat menjadi rata-rata nilai sebesar 61,91 dengan kriteria baik dan mengalami banyak peningkatan pada tes siklus III menjadi 72,25 dengan kriteria baik. Berdasarkan data-data yeng diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dengan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII A SMP Diponegoro 7 Gumelar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Minat, Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Pendekatan Saintifik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 19 Apr 2017 03:34
Last Modified: 19 Apr 2017 03:34
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item View Item