PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 PURWANEGARA

LASTUTI,, TRI WINDI (2017) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 PURWANEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan penalaran matematika siswa melalui metode Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Video pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Purwanegara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk mengukur keaktifan siswa dilakukan observasi terhadap pelaksanaan tindakan kelas dengan menggunakan lembar observasi, dan untuk mengukur kemampuan penalaran matematika siswa dilakukan tes kemampuan penalaran ma tematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Video dapat meningkatkan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dari siklus I hingga siklus III dimana siklus I nilai rata-ratanya 37.5 siklus II memperoleh nilai rata -rata 51.5 dan siklus III nilai rata-ratanya 75.5. Hasil tes evaluasi kemampuan penalaran matematika siklus I diperoleh nilai rata-rata 53.8, siklus II diperoleh nilai rata-rata 62 dan siklus III diperoleh nilai rata-rata 75.1. Berdasarkan data yang diperoleh maka disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Video dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Pyrwanegara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno M. Pd, dan Dr. H. Akhmad Jazuli, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Kemampuan Penalaran, Pembelajaran Berbasis Masalah berbatuan video
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 19 Apr 2017 03:16
Last Modified: 19 Apr 2017 03:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1675

Actions (login required)

View Item View Item