DESKRIPSI SELF AWARENESS DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA

DALIANA,, SALIS (2016) DESKRIPSI SELF AWARENESS DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Salis Daliana_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Salis Daliana_BAB I.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Salis Daliana_BAB II.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
Salis Daliana_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
Salis Daliana_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Salis Daliana_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
Salis Daliana_Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
Salis Daliana_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan self awareness dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah Sokaraja pada materi segitiga dan segiempat. Penelitian ini termasuk penelitian deskripsi kualitatif dengan teknik analisis data Miles and Hubermen yang meliputi reduksi data ( data reduction ), penyajian data ( data display ), dan penarikan kesimpulan ( verification ). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C dengan menggunakan teknik purposive sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) siswa prestasi rendah memiliki self awareness hanya sebatas mengenali perasaan dan perilaku, mengungkapkan pikiran, perasaan dan pendapat. Kemampuan penalaran matematis hanya sebatas terampil dalam menarik kesimpulan serta bernalar hanya pada materi sederhana. 2) Siswa prestasi sedang me miliki self awareness sebatas mengenali kelebihan dan kekurangan, mengungkapkan pikiran, perasaan dan pendapat serta terampil mengevaluasi diri. Kemampuan penalaran matematis sebatas mengajukan dugaan, menarik kesimpulan, menyusun bukti, menemukan pola serta mampu berfikir pada materi yang lebih rumit walaupun kurang teliti. 3) Siswa prestasi tinggi memiliki self awareness dari mampu mengenali perasaan dan perilaku, mengenali kelebihan dan kekurangan, memiliki sikap mandiri, mampu membuat keputusan, , serta mampu belajar dengan tekun dan sudah mampu mengembangkan dirinya . Kemampuan penalaran matematis dari mampu mengajukan dugaan, menarik kesimpulan dan memberikan bukti, menemukan pola dan memeriksa kesahihan argument, serta mampu berfikir pada materi -materi yang lebih rumit dan lebih teliti dalam menghitung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Akhmad Jazuli, M.Si, dan Anton Jaelani, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran matematis, self awareness
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 17 Apr 2017 03:58
Last Modified: 17 Apr 2017 03:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1647

Actions (login required)

View Item View Item