PEMBELAJARAN BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIVITAS SISWA SMA N 1 PADAMARA

DEWI, EPRILIANNA (2017) PEMBELAJARAN BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIVITAS SISWA SMA N 1 PADAMARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
EPRILIANNA DEWI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EPRILIANNA DEWI BAB I.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EPRILIANNA DEWI BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
EPRILIANNA DEWI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] Text
EPRILIANNA DEWI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
EPRILIANNA DEWI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img]
Preview
Text
EPRILIANNA DEWI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
EPRILIANNA DEWI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreativitas siswa SMA N 1 Padamara antara pembelajaran berbasis bioentrepreneurship dan pembelajaran problem solving. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA N 1 Padamara, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas. Kelas XII IPA 1 (kelas eksperimen) diberi perlakuan dengan pembelajaran berbasis bioentrepreneurship. Kelas XII IPA 2 (kelas kontrol) diberi perlakuan dengan problem solving. Hasil yang diperoleh baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen pada postes 1 maupun postes 2 menunjukkan kemampuan berpikir kreatif tertinggi terdapat pada indikator memproduksi. Sikap kreativitas siswa berdasarkan hasil angket pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen yang terbaik pada indikator rasa ingin tahu. Hasil analisis statistik melalui uji t independent diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) = 0,294 > α = 0,05 (postes 1) dan Asymp. Sig (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 (postes 2). Berdasarkan hasil analisis statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan antara pembelajaran problem solving dengan pembelajaran berbasis bioentrepreneurship. Hasil analisis statistik melalui uji t independent terhadap sikap kreativitas siswa diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) = 0,029 < α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis statistik dapat disimpulkan terdapat perbedaan sikap kreativitas yang signifikan antara siswa dengan pembelajaran problem solving dan siswa dengan pembelajaran berbasis bioentreprenurship. Perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreativitas siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: 1) motivasi intrinstik; 2) motivasi ekstrinstik; 3) kecerdasan; 4) kepribadian; 5) gaya kognitif; 6) bakat kreatif produktif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tumisem, S.Pd. dan Drs. Arief Husin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: bioentrepreneurship, kemampuan berpikir kreatif, sikap kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 17 Apr 2017 04:12
Last Modified: 17 Apr 2017 04:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item