UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MEMBACA PETA LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN SKALA SEDERHANA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 2 PURWOKERTO LOR

ASROFI, HANAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MEMBACA PETA LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN SKALA SEDERHANA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 2 PURWOKERTO LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text
BAB III_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img] Text
BAB IV_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah yaitu prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang masih kurang pada siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto Lor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto Lor melalui metode Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto Lor yang berjumlah 20 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto Lor mengalami Peningkatan setelah diterapkannya metode Discovery Learning pada pembelajaran. Hasil ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan prestasi belajar berdasarkan hasil tes evaluasi di setiap siklus meningkat, pada siklus I ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 67 dengan ketuntasan belajar 60% dengan kriteria cukup, sedangkan hasil prestasi belajar pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85, ketuntasan belajar 85% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan aktivitas guru berdasarkan observasi di setiap siklus menunjukkan peningkatan, hasil aktivitas guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 2,3 dengan kriteria baik dan pada siklus II menjadi 3,52dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa berdasarkan observasi dari siklus I nilai rata-rata 1,99 dengan kriteria cukup dan pada siklus II nilai rata-rata 3,03 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto Lor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M. Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Discovery Learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 17 Apr 2017 03:25
Last Modified: 17 Apr 2017 03:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item