UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS VIII E SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

KUSUMAWATI, WIJI (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS VIII E SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_WIJI KUSUMAWATI_MATEMATIKA'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_WIJI KUSUMAWATI_MATEMATIKA'17.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_WIJI KUSUMAWATI_MATEMATIKA'17.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
BAB III_WIJI KUSUMAWATI_MATEMATIKA'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_WIJI KUSUMAWATI_MATEMATIKA'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] Text
BAB V_WIJI KUSUMAWATI_MATEMATIKA'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_WIJI KUSUMAWATI_MATEMATIKA'17.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_WIJI KUSUMAWATI_MATEMATIKA'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan strategi Student Teams Achievement Division (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data kemampuan pemahaman konsep siswa diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil tes siklus I diperoleh rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep siswa sebesar 48,52 dengan kriteria cukup. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep sebesar 64,63 dengan kriteria baik dan pada siklus III diperoleh rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep sebesar 79,26 dengan kriteria baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran Berbasis Masalah dengan strategi Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, S.Si, M.Si., dan Lukmanul Akhsani, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Student Teams Achievement Division (STAD)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 17 Apr 2017 01:14
Last Modified: 17 Apr 2017 01:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item