UPAYA MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TGT) TEAM GAMES TOURNAMENT MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 SOMAGEDE

KARTIKAWATI,, LINDA DIANA (2016) UPAYA MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TGT) TEAM GAMES TOURNAMENT MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 SOMAGEDE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Linda Diana Kartikawati Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Linda Diana Kartikawati BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Linda Diana Kartikawati BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
Linda Diana Kartikawati BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
Linda Diana Kartikawati BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Linda Diana Kartikawati BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
Linda Diana Kartikawati Daftar Pustaka.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
Linda Diana Kartikawati Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan prestasi belajar siswa menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) Team Games Tournament mata pelajaran IPA materi pembentukan tanah pada siswa kelas V SD Negeri 02 Somagede. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Objek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vb SD Negeri 02 Somagede yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki - laki dan 9 siswa perempuan. Manfaat dari penelitian ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan prestasi belajar siswa. Teknik pengum p ulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes dengan evaluasi dan non tes dengan observasi, dokumentasi, angket . Hasil prestasi belajar siswa diperoleh dari evaluasi, peningkatan rasa tanggung jawab menggunakan lembar angket dan data aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi . Berdasarkan hasil penelitian, rasa tanggung jawab siklus I diperoleh rata - rata 2,85 dengan kriteria baik dan siklus II diperoleh rata - rata 3,4 3 dengan kriteria sangat baik. H asil tes prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata - rata 74 dengan prese ntase ketuntasan 71,43% dengan kriteria baik dan siklus II diperoleh rata - rata 85,71 dengan presentase ketuntasan 90,78% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) dapat meningk atkan rasa tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Somagede.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Yudha Febrianta, M.Or.,
Uncontrolled Keywords: Rasa tanggung jawab, Prestasi belajar, (TGT) Team Games Tournament, IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 17 Apr 2017 00:49
Last Modified: 17 Apr 2017 00:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item View Item